warnet linux langsa ?

Perkembang Jejaring sosial dan game online sekarang maju pesat, seperti jamur dimusim hujan di kota langsa, warnet tak terhitung lagi jumlahnya, menurut bl4nk (staff acehline) specialist Networking menangani lebih kurang 25 warnet, memperkirakan 200 titik lokasi dan mungkin lebih, saya ketahui diawal bulan januari saat bincang – bincang dengan bl4nk pada ketika mudik di awal tahun baru 2012.

Belum lagi ditambah fasilitas wifi hampir di setiap sudut kota. Mungkin anda tidak percaya silahkan baca disini . Dua Tahun yang lalu tepat nya tahun 2010 ketika masih di langsa warnet itu tidak lebih 60 titik lokasi , sekarang 2 kali lipat banyak nya, menurut data resmi speedy, warnet terbanyak hanya di langsa khusus nya di aceh.

Pernah di suatu ketika ketika komunitas berumur satu tahun, kami (acehline staff) membuat konsep warnet menggunakan OS linux, saat ide tersebut kami kemukakan, belum ada satu warnet pun yang menggunakan sistem operasi linux, namun kandas di karenakan berbagai kendala.

Kami juga banyak melemparkan ide – ide  kreatif termasuk kepada komunitas langsa blogger.

Bagi yang terbiasa menggunakan windows, awalnya pengguna mungkin pada protes karena merasa beda. tapi dengan menginstall interface yang mirip sama xp mulai ikon sampai menu, saya yakin mereka tidak menyadari kalau mereka sedang menggunakan linux, perasaan mereka itu cuman xp,  masalah billing server dengan client ? sekranga solusinya ada dengan menggunakan Billing Aura yang di khususkan untuk sistem operasi Linux.

screen shoot

http://www.billingaura.com/images/Screenshot-Billing%20Aura%20-%20Server.png

http://www.billingaura.com/images/client.png

Billing ini bukan open source tapi freeware alias gratis, di perbolehkan untuk di pergunakan dengan tujuan non-komersial ataupun komersial. Tidak support untuk sistem operasi lain karena baik Server ataupun Client hanya dapat dipergunakan di bawah sistem operasi Linux. Telah di lakukan pengujian puluhan kali pada distro Ubuntu dan berjalan dengan baik. Kemungkinan juga bisa di jalankan di distro sejenis (keluarga Debian).Demikian kata pengembang software billing aura, anda berminat silahkan berkunjung ke situs mereka klik di http://www.billingaura.com/index.htm

Linux adalah sistem operasi yang handal, bebas dipakai dan bebas di modifikasi, dengan adanya billing aura ini diharapkan akan memicu munculnya warnet-warnet yang memakai sistem operasi Linux (murni linux tanpa ada sistem operasi lain) dan diharapkan juga semakin banyak pula kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan bahkan orang tua mulai mengenal dan mengoperasikan sistem operasi Linux ini.

Pengalaman pribadi ane tahun 2009 saat pengujian penggunaan alias belajar linux seperti ubuntu, slackware, Xnuxer Linux, tidak rakus resource hardware komputer.

Bagaimana dengan anda 😀 tertarik ? pue preh lom 😀 (tunggu apa lagi – bahasa aceh-red)

credit:
– linux[dot]id
– billingaura[dot]com
– google

Iklan

5 thoughts on “warnet linux langsa ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s