Mempertajam tulisan dan berbobot

The beginning is difficult

Melakukan sesuatu yang belum menjadi kebiasaan kita itu memang sulit sekali, berbagai kendala kita temukan dan ini merupakan tantangan terbesar bagi para blogger pemula/newbie seperti saya. Karena menulis artikel membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi.

Terbayang sesaat apa yang akan di tulis dan topik apa yang akan dibahas mudah di pahami pembaca ? membuat mereka betah mau berkunjung kembali ke blog kita. suka kah mereka dengan tulisan kita atau tidak ?. Buang jauh -jauh pikiran seperti itu yang ada akan menghambat motivasi kita.

Banyak ahli internet marketing dan ahli SEO selalu mengedepankan keywords dan kualitas kontent yang tinggi untuk membangun blognya. Jika kita memaksakan memposisikan diri yang kapasitas sebagai Newbie (seperti saya) menjadi seperti mereka, yang ada hanya akan memberikan beban mental dalam membuat artikel, yang berujung melakukan copy paste 😀 , bukan kah tindakan itu kurang kreatif, tau anda punya alasan yang cukup untuk copy paste ?

Blogging itu menyenangkan tidak perlu merasa takut untuk menulis sebuah artikel. Anda adalah penguasa pada blog anda, kemana arah dan tujuan blog ditangan anda. Jangan bebani diri sendiri itu menjadi yang terbaik dalam hal blogging, akan tetapi berusahalah menjadi blogger yang baik saja terlebih dahulu itu sudah cukup :), seperti yang kita ketahui tajam nya sebuah pisau itu karena di asah.

Maka saya akan memberikan tiga langkah saja, menurut saya mudah :

1. Artikel anda itu harus informatif dan deskriptif
Pastikan halaman anda itu kaya informasi tentang apa yang anda akan bahas, ketika membuat artikel anda boleh saja menempatkan pembaca itu pada posisi nol,dalam artian mereka belum tau, tidak perlu menulis dengan istilah – istilah sulit dimengerti oleh pembaca tanpa memberi link rujukan yang bisa menerangkan apa maksud Anda. Apabila anda membicarakan tentang gossip artis anda bisa memajang foto sang artis di artikel anda beserta sedikit info tentang kelebiha sang artis agar bisa membantu pengunjung dalam mengenali artis yang dimaksud. harus diingat artikel itu harus bersifat informatif dan deskriptif bukan detail.

2. Lakukan Riset dan cari info
Riset apa yang di butuhkan ? Yaitu dengan banyak membaca, ini tergantung dari topik yang anda akan bahas, tinggal menyesuaikan saja dengan topik. Untuk menghindari kita memberikan tulisan yang salah dan belum tentu benar kejelasan nya maka carilah info sebanyak mungkin.

3. Jangan pernah menggurui
Karena kita tidak tau pasti kapastitas pengunjung, berikan ide, pemikiran, pertanyaan, atau solusi pada tulisan yang di bahasa, dengan begini akan memberika nilai lebih kepada anda.

Cuma tiga langkah saja yang, saya berikan, sama seperti anda saya juga masih belajar ngeblog, masih banyak kekurangan disana – sini. SEO itu penting, namun lebih penting kalau tulisan anda itu sudah ber “isi” 🙂 semoga ini menjadi rujukan saja, jika berguna janan lupa di comment.

credit
– ekahary
– rumah blogger

Iklan

One thought on “Mempertajam tulisan dan berbobot

  1. Ping-balik: Tahukah anda apa itu SEO « Me, Computer, Web Desain, Internet & Security

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s