Penggila Bola, Penggemar Bola, Bola Mania ?

Euforia si kulit bundar di kaki lima

ilusrasi sport detik

Euforia Piala Euro 2012 kental terasa di setiap jengkal pelosok negeri ini, tua muda  pecinta dan penggila bola dari berbagai profesi hingga yang tak punya profesi alias pengangguran bersuka cita menyambut ajang ini. Meskipun perhelatan akbar ini berlangsung di negara eropa, para penggemar bisa menyaksikan pertandingan ini secara live di televisi swasta. Berita piala euro 2012 sangat mendominasi berbagai media  seperti Tv, surat kabar, tabloid juga bahkan di majalah – majalah. Upacara pembukaan Piala Eropa dan laga perdana akan berlangsung pada Jumat, 8 Juni 2012 yang lalu antara Polandia vs Yunani, pkl 23.00 WIB, Warsaw.

Pada malam yang lain selepas pulang dari rutinitas hari – hari, kunikmati udara malam lewat langkah – langkah pelan sekedar melepas kebosanan, kudapati sekumpulan laki – laki berbagai usia sedang menyaksikan siaran langsung bola  di layar besar disebuah warung kopi modern mereka sering menyebutnya cafe. Berbagai tingkah polah yang menggelikan juga menyedihkan.

Socer is bisnis
Bagi pemilik warung kopi atau cafe jelas sangat menguntungkan, dengan bermodalkan tivi ukuran besar tak perlu bersusah payah memutar otak meracik menu penarik pelanggan agar berkujung kembali, event adu strategi tendang menendang bola  di lapangan hijau sangat membantu meramaikan tempat si pemilik usaha. Bukankah sangat tidak bijak menonton bola tanpa membeli secangkir kopi :mrgreen:

Apalagi dari sisi bisnis, Euro 2012 juga tak kalah dahsyat. Menurut laporan Associated Press yang mengutip estimasi dari UEFA atau Asosiasi Sepakbola Uni Eropa, Euro 2012 akan menyumbang kocek sedikitnya US$1,6 miliar dari berbagai sumber termasuk tiket, lisensi dan sponsorship.

Angka yang masuk akal, mengingat gawe bola yang membuat banyak orang meriang lantaran kurang tidur itu akan mempertandingkan 31 partai yang melibatkan 16 negara. Tentu tidak hanya pendapatan tiket untuk menonton langsung, UEFA juga mengantongi pendapatan lisensi siaran televisi, yang diperkirakan akan melibatkan rata-rata 150 juta penonton dari seluruh dunia pada setiap pertandingan. Bahkan siaran langsung babak final diperkirakan akan disaksikan oleh sekitar 240 juta penonton. bisnis.com

Penonton
Sebagai penonton yang serba bisa menonton apa saja, aku tidak begitu tertarik menyaksikan tontonan bola yang di tayangkan secara langsung di tivi seorang diri, kenikmatan menonton tak ada, akan lain alasanku dalam perkara bola jika pertandingan  ku saksikan bersama teman, aku sangat menikmati detik – detik bola melesat ke arah gawang maka dirikulah yang paling lantang keras berteriak gooooool :mrgreen:

Dalam hal tonton menonton aku mengambil filosofi tanah, mampu menerima apa saja. Suka tidak suka, ku coba untuk menikmati tayangan yang ada, jika rasa ketidak sukaan ku memuncak, maka aku akan mencari kegiatan yang lain seperti membaca, bermain game online, atau blogging sekedar menulis.

Ke antusias an penggila bola yang sering ku dapati kebanyakan profesinya tidak berkaitan sama sekali dengan bola, namun sangat mengidolakan salah satu kesebelasan atau pemain pemain yang menurut mereka pantas untuk di idolakan, mereka berusaha semampu mungkin meluangkan waktu untuk menyaksikan jalan nya pertandingan kesebelasan yg mereka jagokan, rela serta merta menyaksikan hingga pertandingan usai, sudah tentu harus menyalangkan mata semalam suntuk, yang lucunya penggila bola yang sudah menyaksikan pertandingan tersebut, membeli koran dan membaca lagi ulasan para kuli tinta tentang pertandingan yang di tonton.  Acara pertandingan nya di tonton, koran nya pun di beli nah siapa yang di untungkan ?

Piala euro 2012 ini menjadi ajang bisnis yang sangat menggiurkan bagi mereka yang melihat peluang, dan memamfaatkan dengan kreatif. Sedangkan upacara penutupan dan laga final akan jatuh pada Minggu, 1 Juli 2012. Piala Eropa 2012.

Pada akhirnya penonton adalah tetap penonton pihak yang hanya bisa melihat saja, apakah akan begadang selama lebih dari 3 pekan ke depan demi menyaksikan sang jagoan dari belahan eropa melesakkak bola ke jaring lawan ? jika iya bersiaplah dengan konsekwensi meriang dan penyakit – penyakit yang lain efek dari akibat kurang tidur.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s