Pemutlakan Sudut pandang

Sudut pandang manusia selalu dipengaruhi oleh konteks dimana dia tinggal, latar belakang pendidikan, kondisi kehidupan sosial dan sebagainya. Artinya, sudut pandang itu bersifat relatif, tidak mutlak, apa lagi jika dipaksakan kepada orang lain. Mengapa ? Karena, bisa jadi satu sudut pandang manusia belum tentu tepat jika diterapkan kepada orang lain. Fenomena normal yang tak begitu menarik dalam kehidupan akan menjadi opini yang sangat serius ketika ketika media menanyangkan dan menyampaik informasi kepada publik secara luas dan terus – menerus, menurut versi mereka.

Namun sayangnya, masih ada yang memaksakan sudut pandang, seakan – akan sebuah ketentuan yang tidak bisa dirubah, efek dari ini mengakibatkan kebutaan secara intelektual, dan tentu saja terjadi penolakan  jikalau muncul sudut pandang yang baru,  meskipun sudut pandang yang baru tersebut penuh dengan argumen dan fakta – fakta yang lain.

Media massa berperan besar menjadi sarana yang sangat efesien pemutlakan sudut pandang, jika berhasil dipaksakan, tentu sangat mudah untuk mengarahkan opini  kepentingan – kepentingan tertentu.

Mari beranalogi dengan contoh sederhana pemaksaan sudut pandang ….

Anda sudah tau apa itu ketombe, kotoran yang ada di kulit kepala yang bisa dialami oleh siapa saja, dan kebiasaan nya jika berketombe sudah tentu kita akan berusaha untuk menghilangkan ketombe, cara umum nya di ketahui banyak orang adalah keramas dengan menggunakan sampo.

Yang menjadi pertanyaan mengapa anda menggunakan sampo ? dari mana anda mendapat informasi nya ? Kenapa anda percaya ?
Nah disinilah peran media massa dalam pemaksaan sudut pandang, bahwa ketombe adalah bla .. bla .. merupakan bla .. bla dengan cerita negatif, dan solusi nya bisa di atasi dengan menggunakan sampo merek “Anu”.

Untuk mendukung pemutlakan, diselenggarakan diskusi, seminar secara terbuka  mengenai ketobe, penyebab beserta solusi dan sudah tentu disponsori oleh produk yang ingin mereka jual. Tidak cukup sampai disitu diciptakan juga iklan di media cetak dan media elektronik, Ditayangkan secara berkala dan berulang – ulang dibuatkan poster nya, diciptakan dengan janji yang sangat muluk belum pasti kebenaran nya.

Kesimpulan sederhana nya, pemaksaan sudut pandang tujuan nya agar mudah menggiring opini publik, sederhana nya begini, ketobe itu tidak baik dan mengganggu penampilan, nah agar tak berketobe belilah sampo “anu”

Ini hanya sebuah analogi sederhana yang saya ceritakan, tidak mutlak bertujuan mendiskreditkan sampo namun hanya gambaran sederhana saja. Faktanya pemaksaan sudut pandang banyak terjadi dan hingga saat ini masih dilakukan dalam hukum, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya demi kepentingan politis.

Kita tidak semestinya harus mengikuti dan menerima saja pemutlakan informasi yang diberikan, kita harus kritis dan analitis terhadap informasi pemutlakan sudut pandang. Dominasi kepentingan kapital dalam setiap segmen kehidupan, apa yang seharusnya di buang malah dijadikan budaya yang seharusnya ditabukan menjadi sikap, mitos sebagai keyakinan. Kita di jebak dan terjebak dengan penjara ke modern an.

Iklan

One thought on “Pemutlakan Sudut pandang

  1. Ping-balik: Asiknya Bermain Sbobet Casino | sbobetcasino.edu.pl

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s