Kalimat awal pembuka tulisan

Persoalan mendasar yang sering dialami oleh kebanyakan blogger pemula seperti saya, ketika hendak mengawali sebuah tulisan terkedala pada bagian pembuka tulisan atau lebih sederhana nya mukaddimah, saya juga mengalami hal serupa, padahal kita telah memiliki segudang ide yang ingin di tulis, namun karena hambatan diawal tulisan mengurungkan niat untuk membuat tulisan, mungkin lain waktu pasti bisa, mungkin anda berfikir dilain waktu kendala ini akan teratasi, saya juga pernah berkesimpulan sama seperti anda.

Hari pun berganti, kendala utama belum juga teratasi meskipun sudah banyak melahap tulisan – tulisan “bagaimana menjadi penulis pemula” dahi mengkerut lebih dalam, menggali imajinasi mengaitkan satu tulisan dengan tulisan yang lain untuk menemukan sebuah jawaban tentang prolog atau narasi pembuka tulisan, dari banyak tulisan hanya sedikit jawaban meskipun masih samar dan tak cukup menyelesaikan kendala yang ku alami.

Tak ada masalah yang tak memiliki solusi setiap penyakit pasti ada obatnya, jika pun tak ada obatnya, permasalahnya hanya masalah waktu, dibelahan dunia yang lain dalam kesamaan visi dengan latar belakang perbedaan profesi sekumpulan orang berkomitmen mendedikasikan hidupnya membuka misteri – misteri dalam kehidupan umat manusia tentang penyakit, fenomena alam, teknologi dan lain sebagainya untuk peradaban manusia.

Mengatasi Kendala

Hal yang perlu dilakukan adalah melihat dan membaca tulisan dari mereka yang sudah diakui sebagai penulis, pada point ini, tidak mesti harus membaca tulisan mereka dari awal hingga akhir, jika sebuah buku yang sedang dibaca, yang perlu ditelaah adalah tulisan dihalaman belakang pada cover buku.

Media massa seperti koran yang terbit setiap hari, biasanya terdapat halaman opini memuat tulisan dari penulis lepas, yang perlu anda cermati adalah paragaraf -paragraf awal. Saya yakin, anda akan menemukan beragam tehnik pemaparkan tulisan dari masing – masing penulis, menyesuaikan dengan isu – isu yang masih hangat diperbincangkan.

Jangan hanya terpaku mengandalkan bantuan internet semata untuk menemukan tips mukaddimah tulisan, karena web/blog tidak secara lengkap memaparkan secara terperinci, kebanyakan ditulis secara singkat dan ringkas. Bukan berarti tidak ada yang membahas namun sangat sedikit sekali.

Beberapa Contoh
Berikut beberapa contoh prolog dan sinopsis, yang bisa dijadikan ispirasi menulis

sumber gambar satrianova

Apa untungnya menulis? Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari menulis, antara lain bisa menuangkan apa yangada dalam pikiran, berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada orang lain. Tidak hanya berhenti disitu, ternyata menulis juga bisa menjadi ladang mengumpulkan uang.

Sebenarnya menulis adalah suatu hal yang mudah dilakukan. Tidak diperlukan bakat khusus untuk bisa menulis. Dengan latihan yang kontinu, Anda pasti bisa menghasilkan tulisan yang baik dan enak dibaca. Faktor teknis dan keilmuan dalam menulis bukanlah segala-galanya. Tenyata Menulis itu Mudah dan Menghasilkan uang, Satria Nova Penerbit Gramedia.

“SAAT itu, usiaku sudah lebih tua dari usia kakakku Noura tatkala dia menikah. Usiaku delapan belas tahun atau mungkin saja lebih, aku tidak tahu dan akuberharap sekaligus berputus asa. Kenangan menguap bersama asap di hari api melahap tubuhku, tetapi aku mencoba membangun kembali apa yang terjadi,”demikianlah kesaksian Souad (nama samaran) dalam novel Burnaed alive, terkait pembunuhan dirinya atas nama kehormatan keluarga. N. Mursidi, “KesaksianKejahatan atas Nama Kehormatan”, Sinar Harapan, Sabtu 30 September 2006

Diantara kebisingan aktifitas suasana pasar kala senja merayap malam dan suara panggilan telah mulai diperdengarkan untuk manusia sekedar bersyukur atau sekedar menjalankan kewajiban dalam perjalanan hari.  Tulisan saya

“Pada suatu hari saya dan Rasulullah SAW berhenti di suatu tempat dan orang ramai berjalan d hadapan kami. Rasulullah bertanya nama-nama mereka yang melalui tempat itu, Kemudian muncul seorang lelaki lalu Rasulullah SAW bertanya; “Siapakah itu?” saya menjawab; “itulah Khalid bin Walid” Baginda berkata;

“Hamba Allah itu adalah pedang dari pedand-pedang Allah.” -Abu Hurairah.
“Tidak ada lagi wanita yang dapat melahirkan anak seperti Khalid bin Walid.” -Khalifah Abu Bakar.

Hanya beberapa contoh, masih banyak contoh – contoh yang lain yang akan anda temukan jika anda berusaha mencarinya, semoga tulisan ini menjadi salh satu motivasi, diantara tulisan – tulisan yang lain.

Iklan

One thought on “Kalimat awal pembuka tulisan

  1. Ping-balik: Kalimat pembuka awal tulisan dari kitab Tua | Me, Computer, Web Desain, Internet & Security ®

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s