Cerita tentang Jenggot

Sebelah Kiri Coki Gitaris Band Netral, berjenggot

Berawal dari niat membiarkan saja bulu di dagu tumbuh secara alami, tanpa didasari oleh alasan apapun. Kebiasaan saya selalu membersihkan tanpa meninggalkan sehelai pun. Namun walaupun sudah dicukur secara rutin tetap saja “sang bulu” tak pernah berhenti tumbuh.

sempat juga terlintas pikiran mencari solusi mnghilangkan “jenggot” agar tidak tumbuh selamanya, dengan bantuan dari obat misalnya, akan tetapi iklan yang santer di pajang di media cetak justru obat “penumbuh bulu:mrgreen:

Hal yang sangat sepele ini tak luput dari perhatian teman – teman disekitar ku, mereka menatap heran, beragam tanggapan spontan keluar dari mulut mereka, seperti “anu” lah, ada juga yang secara terang -terangan mengatakan “Kayak teroris” dan kesimpulanku intinya mereka kurang suka, secara tidak langsung menyarankan kepadaku untuk mencukur.

Beberapa fakta dari Penelitian tentang jenggot

Dalam Riset yang sedang dikaji para ilmuwan Amerika dan Eropa, Mereka mencoba meneliti islam lebih dalam, termasuk jenggot yang dimiliki para ulama muslim, hasil yang menakjubkan adalah :

  • Jenggot secara alamiah mengontrol kandungan minyak di wajah
  • Jika tumbuh 1 helai jenggot, maka disekitarnya akan tumbuh jenggot halus disekitarnya.
  • Dalam 1 Helai Jenggot menyerap lebih dari satu unsur yang menyebabkan wajah terlihat kusam
  • Jika jenggot tersebut dicukur, maka membutuhkan waktu yang lama untuk menumbuhkannya secara alami.
  • Hal terakhir yang masih diteliti, Sifat orang yang memiliki jenggot lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.

Hukum memelihara dan mencukur jenggot secara Islam

Bagaimana hukum memelihara dan mencukur jenggot dari secara islam, apakah hal ini merupakan tindakan yang di anjurkan atau dilarang.

Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum memotong sebagian jenggot. Sebagian besar ‘ulama memakruhkan, sebagian lagi membolehkannya (lihat Ibn ‘Abd al-Barr, al-Tamhîd, juz 24, hal. 145). Salah seorang ‘ulama yang membolehkan memotong sebagian jenggot adalah Imam Malik, sedangkan yang memakruhkan adalah Qadliy ‘Iyadl.

Imam Bukhari mengetengahkan sebuah riwayat dari Ibnu ‘Umar, bahwasanya Rasulullah Saw bersabda:
Berbedalah kalian dengan orang-orang musyrik, panjangkanlah jenggot dan pendekkanlah kumis. Adalah Ibnu ‘Umar, jika ia menunaikan haji atau umrah, maka ia menggenggam jenggotnya, dan memotong kelebihannya.”

Di dalam Shahih Muslim dari Abu Hurairah rodhiallaahu’anhu, dia berkata, Rasulullah rodhiallaahu’anhu bersabda (artinya), “Potonglah kumis dan biarkanlah jenggot memanjang, selisihilah orang-orang Majusi.”

Imam an-Nasa’i di dalam Sunannya mengeluarkan hadits dengan sanad yang shahih dari Zaid bin Arqam rodhiallaahu’anhu, dia berkata, Rasulullah shollallaahu’alaihi wasallam bersabda,
Barangsiapa yang tidak pernah mengambil dari kumisnya (memotongnya), maka dia bukan termasuk dari golongan kami.”

Al-’Allamah Besar dan al-Hafizh terkenal, Abu Muhammad bin Hazm berkata, “Para ulama telah bersepakat bahwa memotong kumis dan membiarkan jenggot tumbuh adalah fardhu (wajib).”

Bagi saya memelihara jenggot berawal dari malas mencukur nya saja, hari ini di cukur dua hari kemudian tumbuh secara subur, dan saking subur nya, tiap dua hari sekali harus cukuran  :mrgreen:

Mengikuti sunnah tidak hanya pada berkhitan, menikah, dan lain nya, permasalah jenggot cukup sederhana dan terkesan sepele, namun jika di runut dengan alasan diatas punya alasan cukup kuat.

Meskipun demikian tak sedikit yang tidak menyukai orang yang berjenggot, alasan cukup menggelikan dan terkesan mengada – ada, salah satu alasan nya adalah orang yang berjenggot seperti “teroris“. Kita mengetahui sebenarnya teroris itu tidak pernah ada, namun pihak barat lah yang menciptakan nya demi tercapai tujuan politis.

Wanita berjenggot terpanjang di dunia

Dominasi janggot tidak sepenuh nya milik pria walaupun kebanyakan yang berjenggot adalah pria, namun wanita pun ada juga yang berjenggot meskipun sedikit, sperti Vivian Wheeler, dia memiliki jenggot yang cukup panjang. saking panjangnya, ia dinobatkan sebagai perempuan dengan jenggot terpanjang di dunia. Dan itu sudah di catat pada Guinness Book of Records. Panjang jenggotnya mencapai 11 inchi atau 27,94 cm.

Apa kah anda berjenggot, tidak ? tertarik untuk memelihara nya, atau sependapat mencukur habis :mrgreen:

Referensi :

http://konsultasi.wordpress.com/2007/01/18/hukum-mencukur-dan-memelihara-jenggot/
http://triocyber-kesehatan.blogspot.com/2011/02/manfaat-memelihara-jenggot.html
http://fatwaulama.wordpress.com/2007/01/10/hukum-memelihara-jenggot/

Image

https://si0.twimg.com/profile_images/2588227597/image.jpg
http://aie-dear.blogspot.com/2012/08/wanita-berjenggot-terpanjang-di-dunia
http://cerpenpendek.files.wordpress.com/2012/03/hans.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s