Solusi hidup dalam kehidupan

Menjalani hidup tak ubahnya bagaikan “roller coaster” mendaki dan menurun, menukik dengan tajam, berputar ke kiri dan ke kanan.

Suka dan duka datang silih berganti, ada kala nya kita bisa tertawa bahagia, dan tak jarang pula harus bermuram durja dihadapkan pada kenyataan yang mengecewakan dan menyakitkan. Menerima atau tidak kenyataan itu tetap terjadi dan dialami.

Kita perlu Sedikit tekanan pada kehidupan untuk meningkatkan kualitas hidup. Namun bagaimana jika tekanan yang datang bertubi – tubi, satu persoalan belum selesai yang lain nya sudah mengantri.

Kualitas dan kemampuan orang menghadapi dan menyelesaikan persoalan hidup tak terlepas dari latar belakang pendidikan, kondisi kehidupan sosial, jika tak mampu menghadapi dan menyelesaikan problem dalam hidup tentu saja akan menimbul efek negatif seperti stress dan jika terjadi dalam jangka yang panjang tidak baik bagi kesehatan fisik maupun mental.  Akibat fatal nya adalah menjadi “Gila”

Stress (tekanan/ketegangan) bisa diakibatkan dari faktor internal (dalam diri) maupun eksternal ( faktor dari luar). Bukan orang dewasa saja yang mengalaminya anak – anak juga namun tidak sesering orang dewasa.

Berpikir postif dan optimis terlebih dahulu, semua masalah pasti ada jalan keluarnya, dengan optimisme dapat menangkal efek negatif dari stress, berbaur dengan orang – orang positif tentunya.

ilustrasi : jengker.com

Seterusnya Tertawalah maka dunia akan tertawa bersama anda, bersedihlah maka jangan pernah berharap dunia akan ikut bersedih dengan anda. Mungkin kita lupa akan kejadian – kejadian lucu dan konyol yang terjadi disekitar kita dan mungkin saja kita sendiri mengalaminya dan pantas untuk di tertawakan, menertawakan diri sendiri adalah humor terbaik. Tak ada salahnya membaca buku tertawa gila ala rusia atau humor – humor yang lain misalnya dari TV, Film.

Sejenak kita harus “cooling down” melonggarkan pikiran, melepaskan diri dari beban dan masalah dalam hidup. Bukkan nya lari dari kenyataan yang harus di hadapi akan tetapi menarik diri sesaat, anda membutuhkan liburan untuk bertamasya, kunjungi tempat – tempat rekreasi seperti taman, pantai, dan tempat-tempat wisata alam sangat baik untuk menghilangkan kejenuhan, mengurangi beban fikiran.

Mengumpulkan kembali segenap energi agar siap kembali menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang ada. Lakukanlah hobby – hobby yang mungkin saja sudah jarang anda lakukan seperti memancing, bermain musik, menulis. Memancing akan melatih kesabaran, bermusik melatih kepekaan terhadap suara, menulis melatih cara menuangkan ide, fikiran kedalam bentuk tulisan.

Sejatinya manusia penuh dengan keterbatasan, hidup dan kehidupan penuh dengan misteri tak bisa di terka, adakalanya masalah bisa di selesaikan dengan mudah dan tak jarang pula masalah tak terselesaikan meskipun sudah mencoba berbagai cara termasuk berdiskusi dengan teman akrab, bertanya kepada yang ahli dalam menangani permasalahan tidak juga memberikan solusi.

Apa langkah selanjutnya ?
Bersyukur atas segala nikmat dan karunia Nya, sungguh kita tidak akan pernah mampu sama sekali menghitung segala pemberian nya.

ilustrasi : styagreennotes.blogspot.com

Segala yang terjadi baik ataupun buruk menurut kita, sudah tentu atas kehendak Nya, mungkin saja kita kurang bersyukur. Syukur bukan hanya sekedar berucap “Alhamdulillah” atau “trimakasi Ya Tuhan” namun memiliki makna yang sangat dalam, salah satu nya adalah keikhlasan menjalani segala ketentuan hidup yang telah di tentukan dan di gariskan.

Mendekatkan diri kepada sang pencipta, menjalankan apa yang di perintahkan, mengikuti apa yang dilarang, mungkin saja kita lupa atau terlupa karena kehidupan didunia yang melenakan. Kembali kepada Allah langkah sering di jadikan solusi terakhir, sebenarnya merupakan langkah pertama.

Berdoa dan berusaha atau berusaha baru berdoa ? Pilihan yang mana sering kita lakukan ? Kebenaran itu tidak akan muncul jika tidak mencari nya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s