sistem operasi yang akan diharakiri bagian terakhir

Kali ini adalah tulisan ketiga merupakan bagian akhir bahasan mengenai windows xp. Pada tulisan ketiga ini saya akan memberikan solusi dan tips jika anda masih tetap ingin menggunakan windows xp sebagai sistem operasi atau mengganti sistem operasi selain windows.

Banyak alasan dan fakta kenapa banyak orang masih mempertahankan untuk menggunakan windows xp sebagai Os (Operating system) pilihan, beberapa alasan sudah saya bahasa pada tulisan bagian kedua.

Terkait keputusan Microsoft untuk menghentikan dukungan windows xp, sebenarnya bukan masalah besar, namun hal yang dibesar – besarkan oleh media. Menurut saya Keputusan microsoft untuk mendongkrak penjualan windows 8 yang baru – baru ini dirilis.

Jika memang windows xp rentan terhadap serangan, apakah tidak bisa di patch ?
saya sangat yakin microsoft memang tidak ingin melanjutkan windows xp.

Berliando Hanif Dharmawandikirim keMicrosoft Indonesia
22 Maret pukul 14:56 ·
Selamat Pagi
Mengapa Microsoft akan menghentikan dukungan Windows XP SP3, walau saya menggunakan Windows 8, tetapi masih banyak lho Microsoft, konsumen yang masih menggunakan XP, alasan mereka karena XP hanya memakan HDD dan RAM sedikit, lebih hemat, tolong penjelasannya?

Microsoft Indonesia Hi Berliando. Hal ini dikarenakan siklus dukungan untuk Windows XP memang telah berakhir. Pada dasarnya, siklus ini telah ditetapkan dari awal dan bahkan dukungan untuk Windows XP telah diperpanjang. Ditambah lagi dengan adanya produk baru seperti Windows 8 atau Office Baru. Hubungi kami kembali jika ada pertanyaan lain.
25 Maret pukul 1:49

source: https://www.facebook.com/MicrosoftIndonesia/posts/554463417918581

Jika anda sudah terbiasa menggunakan Sistem operasi windows xp yang sudah berumur 10 tahun lebih, anda tidak perlu cemas dan terburu – buru pindah menggunakan sistem operasi seperti yang dianjurkan, jika menggunakan os windows xp untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang tidak mutlak membutuhkan koneksi internet, seperti aplikasi Ms. Office, Corel Draw, Photoshop, AutoCad dll : tulisan bagian ke dua.

Bagaimana jika menggunakan Os ini untuk koneksi internet ?
windowsxp_028Adanya risiko keamanan, yaitu sebuah komputer akan rentan terhadap serangan virus dan program jahat karena tidak adanya pembaruan sistem keamanan untuk menangkal serangan cyber yang makin canggih.

Pada kebanyakan kasus serangan ke komputer itu diakibatkan dari human error dari user, salah satunya adalah mengunjungi situs – situs berbahaya yang dikirim via email, mendownload program yang disisipi program berbahaya dan lain sebagainya.

Solusinya dengan menginstall anti virus dan update secara berkala. Untuk antivirus lokal saya rekomendasikan menggunakan http://www.smadav.net/ smadav dan untuk antivirus luar ada beberapa pilihan seperti Eset Nod 32,  Avast, Mcafee .

Migrasi System operasi
Sudah mantap ingin mengganti Os yang anda gunakan?
Secara garis besar ada dua sistem operasi yang paling banyak digunakan yaitu Microsof Windows dan Linux.

Windows 7

Windows
Jika masih tetap menggunakan sistem operasi besutan Microsoft windows saya rekomendasikan untuk menggunakan Windows 7 karena user friendly dan didukung keamanan lebih baik dari windows xp. Kelebihan – kelebihan yang ada di windows xp juga diadopsi pada windows 7 salah satunya yaitu plug and play, dan mungkin saja anda harus mengupgrade beberapa hardware agar windows 7 berjalan dengan mulus karena minimal ram 1gb.

ubuntu-1024x819

Linux
Sistem operasi open source linux sangat banyak variannya seperti ubuntu, Debian, Slackware, Fedora, Knoppix, Kali linux dll. Untuk pengguna awal atau sekedar mencoba – coba saya rekomendasikan memilih ubuntu, karena bisa dual booting dengan windows 7 dan windows 8. Tulisan lebih lanjut silahkan anda berkunjung ke link ini 

Untuk terakhir menutup tulisan ini, beberapa tips untuk anda yang masih tetap setia menggunakan windows xp atau mengganti windows selanjutnya seperti windows 7. Seberapapun terupdate dan kuatnya dukungan sistem operasi tanpa adanya anvirus terpasang di komputer tetap saja komputer anda rentang dari serangan.

Ini tipsnya :

  • Pasang antivirus dan update secara rutin
  • Jangan mendownload aplikasi dari situs – situs tak dikenal
  • Hati – hati dengan tautan/link yang di kirim via email atau jejaring sosial
  • Scan mendia penyimpan anda seperti flashdisk ketika selesai memindahkan data dari komputer lain

Nah tips diatas cukup ampuh untuk melindungi anda dari serangan cyber, walaupun tidak 100 %menjamin aman dari serangan, saya menjalankan tips tersebut alhamdulillah hingga kini komputer/laptop yang saya gunakan aman. Masalah yang sering terjadi murni crash system bukan karena diserang, dan solusinya dengan repair system dan install ulang.

Semoga bermamfaat, segala kekurangan saya mohon maaf, karena sempurna bukan milik manusia.

Iklan

3 thoughts on “sistem operasi yang akan diharakiri bagian terakhir

  1. Kalo saya sih masih setia dengan WIndows XP.
    Udah males install2 ulang soalnya.
    Asal bisa dipake simpan data, kerja, maupun browsing itu udah cukup 😀

    • @Zippy
      Benar kalau sebatas untuk simpan data, kerja, browsing doank, Win XP sudah cukup lumayan, dan satu hal yg paling penting antivirus update secara berkala 🙂

  2. Ping-balik: Windows xp Sp4 unofficial | Me, Computer, Web Desain, Internet & Security ®

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s