Web Desain Part 2

Web Desain part 2

web_desain_untuk_pemulaDi bagian pertama, saya sudah membahas mengenai Web statis. Sebenarnya banyak hal yang bisa explore, namun saya lebih memilih cara termudah, tujuannya agar mudah juga dipahami. Jika ada yang gampang, untuk apa menghabiskan waktu menggunakan cara yang rumit. Atau, jika memang sobat berniat belajar ingin step by step membangun dan membuat sendiri dari awal, mulai dari desain, coding dan lain nya, tak ada salahnya untuk dicoba.

Web dinamis merupakan kebalikan dari web statis, jika belum mengerti, silahkan dibaca ditulisan sebelumnya. Kali ini, saya akan membahas web dinamis menggunakan cms.

Alasan saya memilih menggunakan cms, karena kemudahan yang diberikan sangat banyak, bersifat free, bisa di custom sesuai keinginan,  tutorial untuk pemula hingga advandced, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Adapun cms saat ini yang paling populer digunakan seperti wordpress, joomla, drupal, moodle dan lain – lain. Untuk pemula, sebagai latihan, saya menyarankan menggunakan cms wordpress, atau membuat blog secara gratis di wordpress.com, karena manajemen content, mulai dari posting tulisan baru, membuat halaman, editing, manajemen widget, merubah tampilan, background, prinsip cara kerjanya sama. Memang ada pembatasan, seperti editing css, custom domain. Sebagai percobaan dan latihan, sobat belum membutuhkan hal tersebut.

Atau bisa juga dengan secara offline di komputer/laptop sendiri. Caranya yaitu dengan membangun web server sendiri. Agar nantinya cms berjalan dengan baik, maka dibutuhkan web server yang didalamnya sudah ada aplikasi Php dan Mysql.

Php berperan sebagai programming web server, dan mysql sebagai database. Sehingga sehingga data-data yang terdapat pada databse mysql dapat ditampilkan pada browser. Membangun webserver secara locahost,atau lebih tepatnya install webserver dikomputer sendiri tidak sulit, cukup download Aplikasi web server seperti Lamp, Xampp, Wamp.

Aplikasi open source ini paling populer dan banyak digunakan adalah xampp, semua aplikasi pendukung syarat utama seperti Php, Mysql, PhpMyadmin sudah terinclude semuanya, bahkan lebih. Tersediam dalam 3 sistem operasi yaitu Windows, OsX dan Linux
Untuk link mengunduh/download xampp kunjungi link ini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s